Pringsewu – (18/12/2021) Kecamatan Parsasuka tepatnya di Pekon Tanjung Rusia melaksanakan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana), Jum’at s/d Rabu tanggal 17 -22 Desember 2021. Kegiatan yang dipusatkan di Pekon Tanjung Rusia dan peserta diikuti oleh Staf Pekon , Karang Taruna, PKK, BHP dan Linmas Pekon Tanjung Rusia Kecamatan Pardasuka . Kegiatan tersebut dihadiri oleh BPBD Kabupaten Pringsewu , Kabid PKS BPBD Provinsi Lampung Ir.Endang Sudarma,MM , Assisten 1 Purhadi S,Sos. Kalak BPBD Pringsewu Edy Pamungkas , Kabid PKS BPBD Pringsewu Pahrurrozi,S.Sos , Camat Pardasuka Bukhori ,SPd. dan Kepala Pekon Tanjung Rusia Wildan Firdaus SE.

Yang menjadi Narasumber pada kegiatan ini berasal dari FRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) dan BPBD Kabupaten pringsewu .

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kabid BPBD provinsi Lampung Ir.Endang Sudarma, MM dalam kesempatan itu Endang mengatakan tujuan pembetukan Destana tersebut yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya masyarakat sehingga terbentuk masyarakat tangguh menghadapi bencana. “ Kami mengharapkan kesiap siagaan masyarakat bencana semakin meningkat.
Destana merupakan Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana bencana. Untuk bisa menjadi Destana, Desa harus berfungsi dengan cepat dari berbagai bencana bencana. ”

Desa yang bisa disebut ketangguhan bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan di wilayahnya. Mampu mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimiliki kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Diharapkan, Kader Destana bisa menyiapkan diri dan membagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat lainnya. Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi. “Melalui pelatihan ini saya berharap kader yang mampu mengkaji, menganalisis, mengurangi risiko-risiko di wilayah masing-masing dengan sumber daya lokal,” imbuhnya.(Bust)