Setiap hari masyarakat diterpa dengan berbagai informasi. Arus informasi datang dari berbagai bentuk media massa, mulai dari media cetak, hingga elektronik. Berbagai jenis dan nama media pun kian menjamur. Masing-masing media ini memiliki kelebihan, sehingga keberadaannya masih bisa kita lihat saat ini.

Namun ditengah maraknya media yang hadir saat ini masih banyak media yang mengesampingkan aspek transparansi dan edukasi dalam tiap berita yang disajikannya. Persaingan yang makin ketat banyak memunculkan media yang hanya mengejar rating serta adsense tanpa memperhatikan dampak dari berita yang disajikan. Hal inilah yang mendorong kami untuk mendirikan  media yang lebih dari sekedar menyajikan berita tapi memberikan solusi pada pembacanya.

Media mempunyai peranan penting itu, bagaimana memberikan kritik konstruktif, membangun dan mengelorakan optimisme, memberitakan ketauladanan, memberitakan hal yang menginspirasi, menjaga atmosfir yang sehat dialektika antar komponen, memberikan edukasi tentang value yang berbasis pada lokal wisdom serta mengadvokasi bagaimana kebijakan publik berpihak pada kemaslahatan rakyat banyak dan pada akhirnya turut serta menegakan keadilan, sebagaimana cita-cita para founding fathers kita yang termaktub dalam UUD 1945  kita.

Saburainews.id lahir tidak ingin menjadi bagian dari persoalan akan tetapi merupakan bagian dari solusi, bagaimana pemberitaan itu konstruktif, advokatif, edukatif dalam kerangka turut serta membangun tata peradaban umat manusia baru yang berkeadilan, yang minimal mampu menawarkan kepemimpinan gagasan, kepemimpinan gerakan dan kepemimpinan moral.

VISI

  • Menjadi media online paling mainstream yang siap mewarnai Lampung secara konstruktif , edukatif dan advokatif.
  • Membangun dan menciptakan media informasi yang berimbang, akurat dan terpercaya bagi masyarakat luas.

MISI

  • Mencetak Jurnalis Handal dengan independensi serta idealisme yang baik.
  • Mengetahui informasi yang akurat dan terpercaya.
  • Mendistribusikan imformasi kepada masyarakat umum secara transparan.
  • Mengubah pola pikir masyarakat dengan informasi yang membangun, mendidik serta advokatif dengan mengedepankan fakta, objektif, berimbang, akurat dan lengkap