Bandar Lampung – (20/10/2021) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (KEMENPAREKRAF RI) melaksanakan kegiatan diskusi dengan tema : Promosi Wisata Lampung melalui Event, bertempat di Swissbell Hotel Kota Bandar Lampung, Kamis 20 Oktober 2021.

Acara dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Dr. H. Muhammad Kadafi, SH., MH., Afrida Pelitasari (KEMENPAREKRAF RI), Dr. Edarwan, SE., MS. i (Kadis Pariwisata & Ekraf Provinsi Lampung), Edy Syafril (Forum Backstagers Indonesia), serta 50 peserta dari para Pelaku Pariwisata & Event di Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Muhammad Kadafi yang juga Ketua Umum KADIN Provinsi Lampung tersebut menyatakan ; “Pandemi berdampak pada kebiasaan baru yang menuntut masyarakat menyesuaikan keadaan berdasarkan protokol kesehatan yang diatur dalam bentuk peraturan-peraturan oleh pemerintah.” ungkap Kadafi.

” Salah satu bentuknya dalam pariwisata, yakni wisatawan harus lebih teratur dengan kondisi smaller place, aktifitas semi outdor, dan tentunya mengedepankan CHSE.
Pandemi juga menunjang perkembangan beberapa kegiatan tourism dalam hal ini Sport Tourism yang berdasarkan data Kemenparekraf bisa tumbuh hingga mencapai Rp18. 9T, didukung dengan kearifan lokal berimplikasi terhadap ajang promosi keunikan daerah setempat dan meningkatkan perekonomian.
Komunitas masyarakat juga turut serta menjadi subjek SDM yang mengakomodir terwujudnya promosi pariwisata yang terpadu berbasis pengelolaan oleh penduduk dan pelaku usaha wisata daerah setempat misalnya diberdayakan menjadi Fotografer, penyedia makanan/kuliner dan souvenir.” lanjut Kadafi.

” Selain itu tentunya mendukung reformasi birokrasi, pelaku usaha, lintas K/L, Lintas Pemerintah, dan masyarakat setempat harus bersinergi satu sama lain mewujudkan pengelolaan usaha pariwisata yang baik, ” ungkap politisi muda PKB asal daerah pemilihan Lampung 1 Muhammad Kadafi.

Sementara dalam kesempatan tersebut Dr. Edarwan selalu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung menyatakan, ” kami berterima kasih kepada Anggota Komisi X DPR RI Dr. Muhammad Kadafi yang sering membawa kegiatan dari kementerian ke Provinsi Lampung, semoga kedepan semakin lebih sering dan lebih banyak lagi yang bisa dibawa ke Lampung program-program dari kementerian, ” tutur Dr. Edarwan dalam sambutannya.

Selain itu Dr. Edarwan juga mengucapkan Terima kasih atas perjuangan Anggota Komisi X atas masuknya Mega Proyek Bakauheni Harbour City, terkhusus saya ucapkan kepada Pak Kadafi satu-satunya Anggota Komisi X dari Lampung yang selalu aktif mengawal proses tersebut, ucap Dr. Edarwan