Mesuji – Kepala desa Panggung Rejo Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji Diduga gelapka Dana Bumdes sebesar Dua Puluh Juta Rupiah, Minggu (25/11/2023)

Pasalnya pada tahun 2019 Pada Tanggal 17 Oktober Kepala Desa Panggung Rejo Ropiah Meminjam Dana Bumdes Sebesar Rp. 20.000.000., dengan tujuan untuk kegiatan HUT kabupaten Mesuji di tahun 2019 dan akan di kembalikan dengan tempo waktu 3 bulan.

Bahkan Kepala Desa Panggung Rejo Ropiah juga membuat surat pernyataan untuk meminjam duit anggaran bumdes dengan isi pernyataan:

1. Pihak pertama telah mengajukan pinjaman sebesar Rp. 20.000.000,. (Dua Puluh Juta Rupiah) kepada pihak kedua yang di mana uang tersebut adalah hutang atau pinjaman.

2. Pihak pertama dan pihak kedua telah sepakat bahwa pembayaran pinjaman oleh pihak pertama dilakukan dengan cash tempo selama 3 bulan pihak pertama kepada pihak kedua sebanyak Rp. 20.000.000, (Dua Puluh Juta Rupiah) beserta bunganya 5% terhitung dari ditandatanganinya surat perjanjian ini.

3. Apabila di kemudian hari ternyata pihak pertama tidak membayar hutang kepada pihak kedua maka pihak pertama bersedia dikenakan sanksi atau denda atau dibawa ke pihak berwajib dari pihak kedua.

4. Surat perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak secara sadar tanpa tekanan dari pihak manapun, bertempat di Panggung Rejo, Kamis 17 Oktober 2019 seperti tersebut diatas.

Namun faktanya pada saat ini kepala desa Panggung Rejo Ropiah Diduga belum juga mengembalikan Dana Anggaran Bumdes Yang telah di pakai/pinjam pada tahun 2019 lalu.

Sukmo selaku ketua BUMDES saat dikonfirmasi oleh awak media terkait anggaran BUMDES yang telah dipakai oleh kades Panggung Rejo tersebut, “Mengatakan anggaran BUMDES yang telah dipinjam oleh kades Panggung Rejo Ropiah pada saat ini juga belum dikembalikan”.

Kalau dihitung-hitung Anggaran BUMDES selama 4 tahun dipakai buk kades seperti mana dalam perjanjian dengan bunga 5% saya tidak tahu sudah jadi berapa. Ucapanya kepada awak media

Kepala Desa Panggung Rejo Ropiah saat dihubungi melalui via WhatsApp untuk mengkonfirmasi terkait adanya Pinjaman anggaran BUMDES yang Diduga digelapkan Kades Ropiah tidak ada jawaban dan langsung Memblokir WhatsApp Tim Media yang mengkonfirmasi. (HADA)