Lampung Selatan – Kegiatan Peringatan Hari Lahir Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Ke-50 terus berlanjut.

Panitia pelaksana Harlah Setengah Abad Ponpes Darussalam Banjar Negeri Natar Lampung Selatan melaksanakan kegiatan Khitanan Massal bagi warga anak-anak yang merupakan warga masyarakat sekitar Ponpes Darussalam.

Kegiatan Khitanan Massal yang dilaksanakan di Gedung Kantor Ponpes Darussalam memiliki jumlah peserta yang fantastis yaitu sebanyak 60 Peserta.

Kegiatan Khitanan Massal ini Dibuka Pimpinan Ponpes Darussalam Drs. KH. Sabki Ali didampingi Ketua Ikatan Alumni Pelajar Pondok Pesantren Darussalam Drs. Zahral Mutzaini, M.M.

“Alhamdulillah Kegiatan Khitanan Massal dalam Rangka Harlah ke 50 Darussalam mendapat antusias warga sekitar pondok dengan jumlah 60 orang peserta,” kata KH.Sabki Ali.

Dalam laporan Ketua Panitia Harlah ke-50 Ponpes Darussalam Dr. As’ad Muzammil, S.Ag.,S.Hum.,M.H.,C.Me. menyampaikan.

“Khitanan massal ini sendiri merupakan khitanan massal sebagai wujud bhakti sosial Ponpes Darussalam dan Alumni dengan harapan bisa membangkitkan kembali kejayaan Pondok Pesantren Darussalam tercinta,” ujar As’ad.

Sementara Ustadz Zahral Mutzaini yang juga dewan pengarah kegiatan Harlah menerangkan bahwa dalam rangka memperingati Harlah ke 50 Ponpes Darussalam ini.

Panitia pelaksana juga melaksanakan berbagai kegiatan antara lain Lomba Pidato antar pejalar Tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang diikuti santri dari sejumlah pondok pesantren di Lampung Selatan baik kategori putra dan putri.

Selain itu dalam harlah ini akan digelar silaturahmi Nasional dan Istighosah Kebangssan serta Sholawat Sumtudduror.

“Dan setelah Khitanan Massal ini nantinya besok akan dilaksanakan Silaturahmi Kebangsaan bersama Bupati Lampung Selatan dan malam harinya Istighosah Kebangsaan serta Sholawat bersama Habib Umar bin Muhdor Alhaddad sebagai acara puncak yang dilaksanakan pada 9 Februari 2024 di Halaman pesantren. Nantinya akan diikuti dari para Alumni maupun santri yang pernah mondok di Darussalam mulai dari Angkatan pertama hingga Angkatan tahun 2023 kemarin” jelas Ustadz Zahral.

Dirinya juga menambahkan bahwa Di usia 50 tahun ini banyak harapan bagi perubahan pondok pesantren Darussalam termasuk terbentuknya Badan Wakaf dan Silaturahmi Alumni.

“Kita berharap agar di usia setengah abad ini, pondok pesantren Darussalam kembali maju dan diminati masyarakat untuk menitipkan anaknya serta mampu mencetak generasi-generasi unggul bagi bangsa Indonesia, yang pernah dilakukan sebelumnya,” tambah Ustadz Zahral.

Sebelumnya di momen Harlah ke 50 Tahun Ponpes Darussalam juga sempat dilaksanakan pembukaan harlah dengan pelepasan balon emas ke udara serta Ziarah ke makam KH.Ali Raja Marga, pendiri pondok pesantren Darussalam.
Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan turmanen futsal antar pelajar Tingkat SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam ini akan diakhiri dengan temu Alumni antar Angkatan yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Februari 2024. ( Bust )