Bandar Lampung – (20/9/2021) Gedung Kesenian Dewan Kesenian Lampung menjadi tempat dilaksanakan Festival Dramatic Reading sejak Sabtu, 18 september 2021 sampai dengan Minggu 19 september 2021 yang ditutup dengan penampilan dari Teater Satu Lampung dengan membacakan “PILGRIM” karya Ari Pahala Hutabarat dan disutradarai oleh Iswadi Pratama.

Dalam penampilan tersebut dibacakan tentang para pejalan yang penuh dengan tanya, tentang kemana dan mengapa mereka harus berjalan, tentang apa dan siapa yang akan mereka temui, tentang kapan dan dimana akhirnya mereka mendapati apa yang mereka cari.

Ari Pahala Hutabarat (Penyair sekaligus Direktur Artistik Komunitas Berkat Yakin) memuji penampilan aktor teater satu yang dengan total menyampaikan naskah sehingga bisa diterima dan sampai dihati penonton. “Pilgrim itu adalah perjalanan yang paling primodial atau paling mendasar dari diri manusia, tentang bagaimana dia mencari dirinya sendiri dan tuhan.”

Iswadi Pratama (Penyair sekaligus Pimpinan Teater Satu) mengungkapkan “Sesungguhnya kerinduan kepada keindahan, kepada rosul, kepada tuhan, kerinduan yang bersifat ilahiah itu ada didalam diri kita semua. Hanya kita sudah terlalu bising sehingga tidak dapat mendengar isyarat yang begitu halus dan lembut dari dalam batin kita. Semoga setelah menonton ini, kita mau mendengarkan kembali isyarat-isyarat yang lembut dari dalam batin mereka semua.”

Para penonton yang hadir dibuat terkesima dengan penampilan aktor Teater Satu lampung. Hal ini dibuktikan dengan meriahnya tepuk tangan saat penampilan selesai. Para penonton juga dengan riang gembira naik ke atas panggung untuk memberi salam, ucapan selamat, pujian dan foto bersama para aktor.