Bandar Lampung (17/8/2021) Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-76 menjadi momentum istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Begitu juga Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Lampung.

PKH Lampung, pada moment spesial ini mempersembahkan “kado istimewa” HUT Kemerdekaan RI ke-76. Ada dua persembahan yaitu pencapaian 352 anak PKH berpestasi lanjut kuliah serta KPM Graduasi Sejahtera-Mandiri.

I Komang Koheri Anggota Komisi VIII DPR RI Perwakilan Lampung mengapresiasi kinerja positif SDM PKH Lampung serta inovasi Gerakan Ayo Kuliah.

“Kepedulian SDM PKH Lampung terahadap kemandirian KPM PKH dan peningkatan kualitas pendidikan anak PKH adalah bukti nyata pengamalan Pancasila & UUD 1945. Ini peran konkrit SDM PKH dalam mengisi kemerdekaan,” pungkas I Komang Koheri.

” Inovasi ini wajib kita apresiasi. Bahkan saya mendapat informasi langsung bahwa Ibu Menteri Sosial RI Tri Rismaharini sangat bangga dengan gerakan ini. Mengingat kiprahnya mampu mendorong 532 anak PKH lanjut kuliah. Tentu ini tidak mudah, karena keluarga PKH berasal dari keluarga pra-sejahtera,” tambahnya.

Terpisah, Kadis Sosial Provinsi Lampung Aswarodi menyambut baik apresiasi yang diberikan Komisi VIII tersebut. Sejalan dengan upaya Bapak Gubernur Lampung dalam mendorong dan meningkatkan kinerja SDM PKH di Lampung. Khususnya pembinaan anak berpestasi serta upaya percepatan kemandirian KPM PKH menuju Graduasi Sejahtera-Mandiri.

” Dua pencapaian ini tentu sejalan dan selaras dengan visi dan misi Bapak Gubernur menuju masyarakat Lampung berjaya, ” tegasnya.

Sementara, Korwil PKH Lampung 2 Slamet Riyadi merinci bahwa pencapaian KPM Graduasi Lampung tahun 2020 mencapai 48.558 KPM. Tertinggi ke-empat Nasional dan tertinggi di luar Jawa sebagaimana rilis Kemensos RI.

“Pembinaan Gerakan Ayo Kuliah berhasil mendorong sebanyak 532 anak lanjut kuliah di PTN/PTKIN sejak 2017 – 2021. Dua pencapaian ini tak lepas dari kinerja baik SDM PKH, dukungan Dinsos Provinsi dan Kabupaten-Kota serta pihak lainnya,” ucap Slamet Riyadi.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas apresiasi Komisi VIII DPR RI melalui Bapak I Komang Koheri. Hal ini tentu menjadi spirit SDM PKH Lampung untuk meningkatkan kinerja dan prestasi,” tegas Slamet yang juga founder Gerakan Ayo Kuliah.